Cara Menanam dan Merawat Bunga Soka

Tanaman Soka atau Bunga Soka adalah Bunga yang masuk ke dalam famili Fabaceae ini dianggap suci oleh umat Hindu. Bunga Soka mempunyai sebutan lain di luar negeri yaitu Flame of The Wood yang bila diartikan memiliki makna api dari hutan. Sebutan ini diberikan karena Bunga Soka memiliki warna-warna yang cerah yang dianggap seperti cerahnya warna api.

Bunga Soka termasuk ke dalam tanaman hias, namun tetap memiliki manfaat yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit disentri. Warna Bunga Soka yaitu merah, kuning hingga jingga yang dapat tumbuh hingga ketinggian tujuh meter panjangnya. Bunga Soka dapat bertahan hidup dengan jangka waktu tiga sampai empat bulan, perkembangbiakannya dapat dilakukan dengan cangkok dan benih.

Cara Menanam Bunga Soka

Bila Anda ingin melihat cantiknya Bunga Soka di lingkungan sekitar tempat tinggal, Anda dapat menanamnya sendiri. Cara untuk membudidayakan Bunga Soka sangatlah mudah, selain itu Bunga Soka juga dapat digunakan obat berbagai penyakit. Anda hanya perlu memiliki sedikit kesabaran dan ketelitian dalam melewati setiap proses yang harus dijalani saat proses penanaman.

1. Persiapkan alat dan Bahan

Alat yang perlu Anda miliki saat akan menanam Bunga Soka yaitu sekop yang digunakan untuk memasukkan media tanam ke wadah. Alat kedua yaitu gunting yang digunakan untuk memotong batang Bunga Soka bila memilih cara penanaman dengan cangkok (stek). Bahan yang harus dipersiapkan yaitu bibit Soka, batang Soka, media tanam, air dan pupuk.

Bila Anda memilih cara penanaman dengan Cangkok, Anda harus memilih batang dari indukan Soka yang bersifat baik. Hal itu dilakukan untuk mendapat hasil cangkokan yang baik pula sesuai dengan sifat yang diwariskan induknya. Selain itu, indukan yang dipilih juga harus indukan yang produktif agar kelak hasil cangkokan tetap dapat dimanfaatkan untuk pencangkokan berikutnya.

2. Memotong Batang Soka

Cara selanjutnya adalah dengan memotong batang Soka pilihan kemudian tanam potongan pohon ke media tanam. Media tanam dianjurkan berupa tanah humus yang dicampur dengan pasir dan pupuk organik agar mendapat hasil yang baik. Media tanam dibuat dengan perbandingan 1:1:1 yang dimasukkan ke dalam wadah, wadah dapat berupa pot atau polybag.

Selain dengan cangkok, penanaman Bunga Soka juga dapat dilakukan menggunakan biji yang ia hasilkan atau disebut bibit. Cara yang dilakukan sama dengan cara cangkok yang membedakan hanya pada cara pertama saja. Penanaman dengan bibit dilakukan dengan penyebaran bibit Soka ke media tanam yang telah disiapkan di dalam wadah (pot atau polybag).

3. Penyiraman Rutin

Lalu tunggu hingga batang tersebut mengeluarkan akar atau tunas baru yang menandakan sudah ada anakan Soka. Setelah muncul akar, lakukan penyiraman secara rutin jangan sampai kurang atau malah berlebihan. Pastikan air yang Anda siramkan sudah cukup membasahi seluruh area tanam Bunga Soka dan tetap jaga intensitas cahaya matahari yang diperlukan.

Cara Merawat Bunga Soka

Tentu menanam saja tidaklah cukup jika tidak dibarengi dengan perawatan intens. Jika tidak dirawat dengan baik, Bunga yang seharusnya menjadi sumber keindahan, malah akan menjadi sebaliknya. Cara merawat Bunga Soka yaitu:

1. Penyiraman rutin

Penyiraman harus Anda lakukan sebanyak satu sampai dua kali sehari sesuai keadaan cuaca yang terjadi pada hari itu. Saat cuaca sinar matahari cukup terik, siram Bunga Soka pada pagi dan sore hari. Saat hujan turun, cukup siram Bunga Soka sebanyak satu kali, penyiraman wajib dilakukan saat pagi hari bila hujan tidak turun.

2. Pembasmian hama

Hama yang muncul di tanaman Soka bukanlah hama yang ganas seperti hama pada tumbuhan padi sehingga pembasmian mudah dilakukan. Pembasmian hama dapat dilakukan dengan menyiram hama dengan aliran air hingga hama tersebut pergi. Namun, penyiraman untuk mengusir hama yang dilakukan jangan sampai merusak salah satu bagian dari Bunga Soka itu.

3. Pemberian pupuk

Tanaman juga makhluk hidup seperti manusia, tentunya ia membutuhkan asupan gizi yang lengkap agar tetap hidup. Gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tanaman dapat dipenuhi oleh pupuk, sebaiknya pupuk kompos (pupuk dari lapukan tumbuhan dan kotoran ternak). Pemberian pupuk minimal sebulan sekali dan bila tertarik untuk membeli pupuk dapat dipesan secara online disini.

Perawatan harus dilakukan secara rutin, tidak hanya dilakukan sekali saja. Penggunaan pupuk juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena nantinya akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi pertumbuhan dan perkembangan Bunga Soka sendiri.

Tinggalkan komentar