Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati

Bunga Melati identik dengan nama jasmine yang biasa Anda temui di daftar menu penjual teh gerai merk tertentu. Bunga ini memiliki bau yang sangat khas sehingga wanginya sering digunakan untuk harum sebuah parfume dan pewangi pakaian. Bunga Melati termasuk ke golongan perdu karena memiliki tinggi yang tidak lebih dari enam meter.

Di negara kita yaitu Indonesia, Bunga Melati disebut dengan nama Puspa Bangsa dan menjadi Bunga Nasional. Bunga Melati dipercaya penduduk sebagai simbol kesucian dan kemurnian hati, khususnya untuk jenis Melati putih. Oleh karena baunya yang harum dan khas, banyak orang mencoba menanam Bunga Melati di lingkungan sekitar rumah, untuk mengetahui caranya ikuti langkah di bawah ini.

Cara Menanam Bunga Melati

Bunga Melati memiliki jenis yang beragam, namun jenis yang paling populer yaitu jenis Bunga Melati putih. Walaupun identik dengan aroma gaib, Bunga Melati tetap diminati banyak orang yang memang menyukai keharuman yang khas dari melati. Cara menanamnya pun mudah dan dapat dilakukan di lahan terbuka maupun di dalam pot, caranya yaitu:

1. Persiapan alat dan bahan

Alat yang wajib ada yaitu sekop untuk menggali media tanam dan mencampurkan media tanam dengan bahan lainnya. Siapkan juga sarung tangan agar tangan terhindar dari bakteri-bakteri yang ada di dalam tanah, bahan yang dibutuhkan yaitu bibit dan air.

2. Pemilihan jenis bibit

Bunga Melati memiliki spesies yang berjumlah sampai dua ratus banyaknya dengan karakteristik dan keunikan masing-masing. Jenis Bunga Melati ada yang dapat tumbuh sepanjang tahun ada pula yang tidak. Ada jenis yang dapat tumbuh merambat dan da pula yang hidup di semak-semak belukar, sesuaikan jenis dengan keadaan dimana Anda akan menanamnya.

3. Pemilihan tempat

Kebutuhan utama yang dibutuhkan tumbuhan yaitu air dan sinar matahari, sehingga pilih tempat yang sesuai dengan kebutuhan Melati. Sinar matahari dibutuhkan untuk melakukan aktivitas fotosintesis yang menghasilkan makanan untuk tumbuhan itu sendiri. Bila tempat yang Anda pilih memiliki intensitas cahaya matahari yang rendah, dikhawatirkan Bunga Melati tidak tumbuh baik.

4. Persiapan media tanam

Media tanam yang diperlukan yaitu tanah yang kaya akan nutrisi dan pupuk, penanaman dapat dilakukan di lahan terbuka dan pot. Selain tanah yang subur, sistem pengairan yang baik juga dibutuhkan bila Bunga Melati di tanam di lahan terbuka. Bila penanaman dilakukan di pot, pastikan pot tersebut memiliki lubang drainase dengan jumlah dan ukuran yang cukup.

5. Proses menanam

Gali lubang sedalam bibit yang telah disediakan dan lubang jangan terlalu sempit. Pastikan akar dari melati cukup untuk masuk ke dalam lubang dan masih memiliki sedikit sisa ruang di sekitarnya. Lalu padatkan media tanam agar akar yang ditanam tumbuh kuat dan tegak, kemudian tutup lagi galian dengan tanah yang tersisa.

Cara Merawat Bunga Melati

Perawatan yang harus dilakukan terhadap Bunga Melati sama saja seperti tanaman-tanaman lainnya, yang membedakan hanyalah tiang rambatan. Bunga Melati yang sudah mulai tumbuh wajib diberi tiang yang ia gunakan untuk tumbuh merambat. Tiang ini juga berguna agar Bunga Melati tumbuh tegak lurus ke atas, cara merawat bunga melati ialah sebagai berikut:

1. Penyiraman cukup

Lakukan penyiraman cukup pada bagian bawah dari tumbuhan melati saja karena bila daun ikut tersiram, ia akan terbakar. Daun terbakar disebabkan oleh sisa-sisa air pada daun yang bereaksi dengan cahaya matahari saat cuaca terik. Penyiraman dilakukan dengan tujuan untuk tetap menjaga media tanam Melati dalam keadaan kelembapan yang cukup tak berlebihan.

2. Pemangkasan

Lakukan pemangkasan saat daun, ranting dan bunga muncul tanda layu seperti mulai mengering dan membusuk. Kegiatan ini dilakukan menggunakan gunting dan dapat pula menggunakan tang bila batang yang dipangkas keras. Selain itu, pemangkasan juga dilakukan untuk merapikan arah rambatan Melati, ubah arah rambat dan bentuk tanaman melati sesuai keinginan hati Anda.

3. Pemupukan

Pupuk yang diberikan ke tanaman melati cukup dilakukan sebanyak satu kali saja dalam jangka waktu satu bulan. Proses pemberian pupuk harus memperhatikan kondisi akar dan jangan sampai merusaknya. Pemberian pupuk memiliki tujuan yaitu untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan pada Bunga Melati, bila tertarik Anda dapat memesan nutrisi tumbuhan Fitonutrien secara online disini.

4. Pembasmian Hama

Hama yang muncul di tanaman Melati biasanya jenis serangga seperti laba-laba merah dan tungau serta jenis kutu. Bila Anda melihat tanda-tanda kehadiran hama tersebut, segera ambil suatu wadah lalu isi dengan air sabun. Langkah pertama yaitu siram hama dengan aliran air, lalu cuci bagian yang ditempeli hama dengan air sabun yang disediakan.

Bunga Melati memang masih menjadi primadona para wanita khususnya yang mempunyai hobi atau passion dalam dunia perawatan bunga. Tentu saja perawatannya juga harus dilakukan secara rutin dan teratur agar nantinya memberikan hasil yang maksimal pada pertumbuhan Bunga Melati.

Tinggalkan komentar