Cara Menanam dan Merawat Bunga Lily

Nama Bunga Lily memang telah amat dikenal sebagian besar kalangan orang karena Bunganya yang indah dan juga baunya yang harum. Namun, taukah Anda sejarah dan arti yang ada di dalam Bunga Lily itu sendiri? Mungkin belum banyak orang yang mengetahui bahwa asal Bunga dari Negara Yunani Kuno dan memiliki arti kemurnian.

Bunga Lily terbagi ke dalam beberapa jenis misalnya Bunga Lily Bakung, Lily Putih, Lily Kuning, Lily Merah dan Lily Orange. Di negara Mesir, Bunga Lily Putih kerap digunakan sebagai mahkota mempelai wanita pada hari pernikahannya. Sedangkan di Negara China Bunga Lily Bakung dianggap sebagai simbol keberuntungan dan Lily Putih sebagai simbol kesucian. Cara menanamnya pun mudah, ikuti langkah di bawah ini.

Cara Menanam Bunga Lily

Bunga Lily memiliki jenis lebih dari 100 dengan warna dan bentuk serta keunikan yang berbeda-beda pada setiap jenisnya. Bunga ini telah populer sebagai tanaman hias sejak lama dan digandrungi banyak orang kalangan pecinta Bunga. Bunga Lily termasuk ke dalam jenis Bunga yang mudah dibudidayakan karena dapat tumbuh di berbagai kondisi, cara menanam Bunga Lily yaitu:

1. Persiapan tempat dan media tanam

Bunga Lily dapat ditanam di lahan terbuka dan dapat pula ditanam di dalam pot, pilih tempat sesuai keinginan Anda. Media tanam yang digunakan yaitu campuran tanah, pupuk organik dan pasir dengan perbandingan seimbang. Pupuk organik yang dimaksud yaitu pupuk kandang atau pupuk kompos, hindari penggunaan pupuk dengan kandungan bahan kimia.

Selain tiga bahan itu, Anda juga dapat menambahkan sekam bakar (arang) yang berfungsi untuk memadatkan media tanam. Perbandingan yang digunakan tetap perbandingan seimbang yaitu 1:1:1:1 antara keempat komposisi yang ada. Campuran dari beragam bahan itu diharapkan dapat menghasilkan derajat keasaman (pH) tanah yang cocok untuk proses tumbuh berkembang lily.

2. Persiapan Bibit Bunga Lily

Bibit Bunga Lily yaitu berupa umbi, umbi yang dijadikan bibit sebaiknya umbi yang matang dan berasal dari indukan berkualitas baik. Indukan yang baik diharapkan akan menghasilkan tumbuhan baru yang berkualitas baik seperti induknya pula. Untuk mempercepat proses pertumbuhan tunas pada umbi Bunga Lily, rendam umbi terlebih dahulu selama satu malam.

3. Proses menanam

Masukkan media tanam ke dalam pot, bila Anda menanam menggunakan pot. Pot yang dipakai untuk menanam harus memiliki lubang sirkulasi yang baik agar Bunga Lily dapat tumbuh. Lalu buat galian dengan kedalaman sesuai ukuran umbi Bunga Lily agar dapat masuk dan memiliki ruang yang cukup.

Kemudian masukkan bibit Bunga Lily ke dalam lubang, tancapkan dengan kuat lalu padatkan media tanam. Langkah terakhir yaitu tutup kembali lubang galian dengan tanah yang tersisa dan lakukan penyiraman dengan air untuk pertama kali. Setelah tahap-tahap ini selesai, Anda hanya perlu melakukan perawatan yang dapat disimak di bawah ini.

Cara Merawat Bunga Lily

Bunga Lily adalah jenis tanaman yang mudah ditanam, namun memiliki daya tahan yang kuat serta mudah dirawat. Cara merawat Bunga Lily sebenarnya sama dengan merawat tanaman-tanaman lainnya seperti di bawah ini:

1. Pemberian pupuk

Saat Bunga Lily pertama kali ditanam, di dalam media tanam telah tercampur pupuk kompos atau pupuk kandang. Sehingga, pemerian pupuk dapat Anda lakukan satu bulan setelah Bunga Lily hidup dan berkembang. Pemberian pupuk sebanyak sebulan sekali saja karena pupuk berlebihan membuat batang melemah, bila tertarik membeli pupuk, pesan secara online disini.

2. Penyiraman cukup

Lakukan penyiraman yang rutin sebanyak dua kali sehari bila kondisi cuaca normal dan lakukan penyiraman tambahan bila keadaan suhu memanas. Bunga Lily hanya memerlukan kandungan air yang cukup untuk mempertahankan tingkat kelembapan tanahnya saja. Sehingga sampai terjadi genangan air di tanah karena akan menimbulkan umbi membusuk lalu tanaman akan mati.

3. Pemangkasan

Lakukan pemangkasan selama musim mekar Bunga tiba, pemotongan yang Anda lakukan dapat menggunakan alat gunting atau tang. Tujuan dari pemangkasan yaitu agar tanaman Bunga Lily tetap tumbuh dan berkembang hingga beberapa tahun ke depan. Bagian yang harus dipangkas yaitu dua per tiga dari bagian batang dan biarkan sisanya tetap tumbuh.

Kekonsistenan dalam melakukan perawatan adalah hal yang terpenting. Meskipun anda melakukan penanaman dengan baik dan benar, apabila Bunga Lily tidak dirawat dengan sungguh-sungguh, tentu saja akan membuat tumbuh kembangnya menjadi buruk.

Tinggalkan komentar