Cara Menanam dan Merawat Bunga Calla Lily

Bunga Calla Lily adalah salah satu jenis Araceae yang berasal dari Negara Afrika Selatan dan Negara yang ada di sekitarnya. Bunga ini tidak memiliki hubungan dengan Bunga Lily, bunga Calla adalah jenis Bunga lain yang mekar seperti Bunga Lily. Calla Lily memiliki arti yaitu terompet, bentuknya panjang seperti terompet dengan warna dominan putih yang melambangkan kesucian.

Bunga ini bukan jenis Bunga yang dapat dimanfaatkan untuk obat dan kecantikan karena di dalamnya mengandung racun. Namun, bunga Calla Lily kerap digunakan sebagai buket bunga dan kerap pula dibudidayakan di dalam pot. Warna Cunga Calla Lily tak hanya putih saja, ada pula warna lainnya seperti ungu dan kuning serta merah muda, bila tertarik ingin menanamnya, simak tips-tips di bawah ini.

Cara Menanam Bunga Calla Lily

Bunga Calla Lily biasa ada di dalam acara bahagia seperti pernikahan, kelahiran dan juga acara ulang tahun karena melambangkan rasa bahagia. Bentuk Bunganya yang sederhana, namun penuh keindahan dan elegan ini diartikan sama seperti rasa bahagia yang datang secara sederhana. Cara menanam Bunga Calla Lily dapat dilakukan dengan umbinya, caranya yaitu:

1. Persiapan alat dan bahan

Siapkan alat yaitu sekop untuk menggali media tanam, sarung tangan untuk melindungi tangan dari bakteri tanah dan gunting bila diperlukan. Bahan yang harus disiapkan yaitu Benih Bunga Calla Lily yang berupa umbi, media tanam yaitu tanah dan pupuk serta air. Mempersiapkan alat dan bahan menjadi langkah utama saat akan melakukan penanaman Bunga Calla Lily.

2. Persiapan Benih dan media tanam

Benih Bunga Calla Lily yaitu berupa umbi, bila umbi sudah mengeluarkan tunas-tunas maka umbi itu siap untuk ditanam. Umbi inilah yang nantinya akan berkembang menjadi tanaman baru dan ukuran dari umbi Bunga Calla Lily cukup besar. Selain benih, media tanam yang harus disiapkan yaitu tanah dengan kandungan air yang banyak, namun jangan sampai tergenang.

Media tanam yang dianjurkan yaitu tanah berlumpur atau tanah yang berair karena Bunga Calla Lily menyuka jenis tanah seperti itu. Media tanam yaitu tanah dicampur dengan pupuk organik dengan perbandingan 2:1 dan beri pula tambahan sekam bakar. Pemberian sekam bakar memiliki tujuan untuk memadatkan media tanam yang telah disiapkan sebelumnya.

3. Proses menanam

Masukkan campuran media tanam dan pupuk ke dalam pot bila menggunakan pot. Bunga Calla Lily tidak akan tumbuh besar menjulang sehingga ditanam di dalam pot masih dapat dilakukan bila tak memiliki lahan terbuka yang cukup. Namun, pastikan bahwa pot yang digunakan memiliki lubang sirkulasi yang memadai.

Setelah itu, gali media tanam dengan kedalaman sesuai dengan ukuran umbi yang telah Anda siapkan. Lalu tanam umbi Bunga Calla Lily dengan kedalaman minimal 3 inci, kemudian padatkan media tanam agar Bunga tumbuh kuat. Setelah itu lakukan penyiraman untuk pertama kalinya, lakukan penyiraman menyeluruh ke segala bagian dan pastikan tidak ada tanah yang kering.

Cara Merawat Bunga Calla Lily

Cara merawat Bunga Calla Lily tidak akan merepotkan Anda karena perawatan yang harus diberikan tergolong sederhana. Caranya ialah sebagai berikut:

1. Penyiraman yang cukup

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Bunga Calla Lily adalah jenis bunga yang menyukai daerah tumbuhnya basah. Maka dari itu, penyiraman dilakukan secara rutin dengan intensitas yang sewajarnya saja, jangan sampai menimbulkan genangan pada tanah. Karena genangan yang timbul akan menjadi penyebab pembusukan umbi yang ditanam di dalam tanah.

2. Pemberian pupuk

Pupuk adalah pemberi nutrisi dan gizi yang diperlukan tanaman, jenis pupuk yang dianjurkan yaitu pupuk kompos dan pupuk kandang. Walau dengan penggunaan pupuk kimia lebih cepat menampakkan hasil namun pemberiannya tidak dianjurkan karena memberi efek buruk tertentu. Bila Anda tertarik ingin membeli nutrisi tumbuhan Fitonutrien, Anda dapat melakukan pemesanan secara online disini.

3. Tempat peletakkan

Semua tumbuhan termasuk Bunga Calla Lily membutuhkan cahaya matahari untuk melakukan proses fotosintesis yang menghasilkan energi dan makanan. Maka dari itu, bila Anda menanam Bunga Calla Lily letakkan di tempat dengan sinar matahari yang cukup. Namun, jangan letakkan di tempat dengan intensitas sinar yang tinggi karena akan merusak tanaman Calla Lily itu sendiri.

Jangan sampai ada sedikit kesalahan dalam melakukan perawatan pada Bunga Calla Lily ini. Bunga yang kerap dijadikan sebagai buket ini sudah tentu mempunyai bentuk cantik dan indah sehingga membuat banyak orang menyukainya.

Tinggalkan komentar