Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek

Anggrek adalah tanaman yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia untuk dijadikan sebagai tanaman hias, maupun budidaya untuk kepentingan berinvestasi. Bahkan Bunga Anggrek sudah dijadikan Bunga yang harus ada di setiap rumah di berbagai daerah Indonesia. Walaupun begitu, perawatan dari bunga ini tidak lah mudah karena membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam merawatnya.

Bunga Anggrek dapat ditanam di berbagai medium, bisa dalam pot kecil dan digantung di depan rumah, ataupun pot besar yang biasanya ditaruh di pinggir rumah atau dekat garasi. Bunga Anggrek didominasi warna merah muda semi keunguan ini cukup menarik untuk ditanam di rumah untuk hiasan atau pun hingga dibudidayakan untuk bisnis.

Cara Menanam Bunga Anggrek

Jika Anda menginginkan budidaya Bunga Anggrek di rumah, Anda bisa menanam Bunga Anggrek dengan berbagai medium seperti pot ataupun wadah yang digantung menempel. Berikut cara mudah untuk menanam Bunga Anggrek melalui pot :

1. Pemilihan Pot

Sebaiknya, pilih pot yang memiliki bahan tanah liat, jangan dari plastik. Cari ukuran pot yang sesuai dengan Bunga Anggrek Anda. Pastikan pot yang Anda pilih memiliki lubang di bawah, karena digunakan untuk sirkulasi udara untuk menembus di dalam tanah.

2. Tiang penyangga

Berikan tiang penyangga di antara batang Bunga Anggrek. Adanya tiang ini digunakan untuk pembentukan tumbuh kembang Bunga Anggrek nantinya. Bahkan banyak orang yang menggunakan kawat agar pertumbuhannya lebih maksimal.

3. Pecahan Bata atau Genting

Selanjutnya, anda bisa memberikan beberapa pecahan batu bata atau genting hingga arang untuk diberikan pada akar bunga untuk mendukung tumbuh kembang Bunga.

4. Memberikan Pasir

Berikan pasir dan letakkan bibit Bunga Anda di dalam pot yang telah berisi bahan-bahan di atas.

5. Penanaman Bibit Bunga

Pasang pot berisi bibit Bunga Anggrek tersebut di tempat yang terkena cahaya matahari, misalnya di teras. Jika Anda ingin meletakkan di dalam rumah, Anda bisa meletakkannya di dalam ruang tamu tepatnya di pojokan ruang. Tujuannya adalah agar tanaman di dalam pot tetap terkena cahaya lampu.

Cara Merawat Bunga Anggrek

Selain cara menanamnya yang harus diperhatikan, perawatan pada tanaman Bunga Anggrek memang sangat penting. Tanaman apapun yang tidak dirawat dengan baik dan menggunakan cara yang tepat akan memberikan dampak buruk terhadap tanaman. Misalnya saja tanaman akan cepat mati dan tidak tumbuh lebat dengan maksimal.

Perawatan untuk Bunga Anggrek bukan hanya dengan mengutamakan pengairan yang cukup, namun perawatan dalam bentuk pemangkasan Bunga yang telah layu agar tidak merambat ke daun bunga lainnya. Berikut beberapa tips dan langkah yang bisa Anda lakukan sebagai perawatan Bunga Anggrek Anda :

1. Cahaya Matahari Penuh

Posisi pot Bunga Anggrek sangat berpengaruh pada tumbuh kembang dan kelebatan daun dari Bunga Anggrek. Apapun jenis tanamannya, bahkan bunga anggrek saja, pasti butuh cahaya matahari, namun sebaiknya Anda tidak meletakkannya tepat di bawah sinar matahari. Anda bisa menaruhnya di pinggir teras rumah Anda atau depan pagar rumah.

2. Memberikan lampu ruangan

Lampu yang dipasang di dalam ruang Anda diperuntukkan jika tanaman Bunga Anggrek Anda ditanam dalam sebuah pot. Hal ini digunakan sebagai inisiatif jika Anda tidak sempat memaparkan tanaman Anda pada cahaya alami yaitu cahaya matahari.

3. Usahakan bunga tetap lembab

Bunga Anggrek yang tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia tentu sangat membutuhkan daerah yang lembab agar tetap tumbuh dan berbunga dengan baik. Namun juga tidak terlalu baik jika daerah tempat Anda meletakkan tanaman terlalu berair.

4. Tanam Bunga di pot kecil

JIka Anda adalah pecinta bunga anggrek namun tidak cukup banyak waktu untuk memaparkannya di depan rumah untuk terkena cahaya matahari, Anda bisa menanamnya dalam pot kecil dan ditaruhnya di dalam rumah. Namun Anda harus mempertimbangkan bahwa penanaman Bunga Anggrek dalam pot harus membutuhkan pencahayaan yang cukup.

5. Pemupukan

Proses pemupukan adalah salah satu tahap yang harus dilakukan untuk merawat tanaman apapunm termasuk tanaman Bunga. Bunga Anggrek ini adalah tanaman hias yang tidak membutuhkan proses perawatan yang rumit karena dapat dilakukan dengan pemupukan yang rutin setiap bulannya. Salah satu pupuk yang dirasa sangat efektif dalam perawatan Bunga ini adalah Fitonutrion. Jika anda tertarik, anda bisa memesannya disini.

Jika Anda sudah melakukan dengan tepat tips dalam Menanam dan Merawat Bunga Anggrek, tentu Anda sudah dapat dikatakan berhasil dalam mengelola tanaman hias yang satu ini. Walaupun bunga ini sudah banyak ditanam dan dirawat oleh banyak orang, namun tidak sedikit yang selalu merasa gagal dalam proses pembudidayaannya.

Oleh karena itu, tentu diperlukan perawatan yang ekstra dan berhati-hati agar merawat tanaman hias ini bukan sekedar menjadi hobi namun bisa menjadi bisnis Anda ke depan, seperti akan dijual lagi atau dicangkok. Selamat mencoba dan mempraktikkannya di rumah.

Tinggalkan komentar